Menambah Kata “Unit”,”Set”, dan Kata Lainnya Dalam Excel

Langsung saja gan,,,ada kasus dimana ketika dalam pengelolaan dokumen excel terdapat kata “unit”, “buah”,”set”, dan kata-kata lain yang mesti di cantumkan dalam data itu dan digabungkan dengan data angka dalam satu cell.

Dalam mengoperasikan data seperti di atas kadang kita menuliskannya secara manual dan terpisah yaitu data angka pada cell tersendiri dan data kata di cell tersendiri,
Lihat contoh data berikut:

Cara 1 menambah kata pada angka dokumen excel

Melihat data di atas, ketika kita ingin menjumlah total  maka rumus yang kita masukkan alamat cell-nya sendiri-sendiri (lompat-lompat), yaitu C7,E7,G7,I7

Pada kesempatan ini, rumus excel mencoba memberikan satu tutorial cara memformat atau mengatur kata “unit”, dan kata lainnya gabung dalam satu cell dengan data angka dan bisa di formulakan dengan rumus excel. Artinya jika dilakukan penjumlahan alamat cell-nya tidak seperti di atas.

Begini caranya
  1. Blok data angka pada dokumen tersebut (C7:C13)
  2. Buka dialoq format cell dengan meng-klik tanda panah pada group number
  3. Pilih dan klik Category Custom (paling bawah)
  4. Pada bagian type>>general>>masukkan kata unit atau kata lain yang dibutuhkan
Lihat gambar di bawah ini\

Cara 2 menambah kata pada angka dokumen excel      

5.   Selanjutnya klik OK.

6. Kata “Unit” yang sudah anda masukkan akan tetap ada pada category Custom. Sehingga untuk pengaturan selanjutnya anda tinggal      mencari kata itu dan OK (tidak perlu menuliskan kembali)
Untuk lebih jelas lihat hasil pengaturan pada data di bawah ini.

Cara 3 menambah kata pada angka dokumen excel 

Lakukan pengaturan pada Minggu II, Minggu III dan Minggu IV.
Kalau sudah anda atur/format semua, lakukan penjumlahan dan lihat hasilnya.
Demikian pembahasan ini semoga bermanfaat, selamat mencoba……