Cara Menggunakan Rumus CHOOSE Dalam Excel

Fungsi CHOOSE digunakan untuk mengembalikan suatu nilai dari sebuah nomor index yang berupa angka dari 1-254. Misalnya, jika nilai 1-7 adalah nama-nama hari selama seminggu secara berurutan, maka angka 1-7 disebut index. Jika kita memasukan nilai 1 maka yang muncul adalah Minggu. Berikut saya jelaskan Cara Menggunakan Rumus CHOOSE Dalam Excel

Sintak penulisan Rumus CHOOSE pada excel adalah :
=CHOOSE(index_num, value1, [value2], …)
Untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh berikut,

Cara Menggunakan Fungsi CHOOSE Dalam Excel
Pada tabel di atas ditunjukan bahwa nomor index memiliki nilai berupa nama hari selama seminggu. Tabel tersebut hanya untuk memudahkan dalam memahami rumus CHOOSE.

Disebutkan rumus di atas adalah :

=CHOOSE(F5;”Minggu”;”Senin”;”Selasa”;”Rabu”;”Kamis”;”Jumat”;”Sabtu”)
Pada rumus tersebut F5 menunjukan cell yang nantinya akan di isi index berupa angka.

Kemudian di lanjutkan dengan minggu,senin,selasa dan seterusnya yang jika di maksud adalah urutan ke 1 adalah hari minggu, kedua hari senin dan seterusnya.

Jika ingin menggunakan tabel sebagai referensi maka cukup mengganti value “Minggu” menjadi C3, “Senin” Menjadi C4 dst. Jika di tulis lengkap seperti berikut :

=CHOOSE(F5;C3;C4;C5;C6;C7;C8;C9)

Jika cell F5 diisi angka 1-7 maka pada cell hasil akan menampilkan nama hari sesuai index yang dibuat. Pada contoh di atas angka 3 akan menampilkan hari Selasa.