- Rumus Penjumlahan. Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan Fungsi SUM.
Contoh: pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2+B2 kemudian tekan ENTER. maka hasilnya adalah 150. Sekarang coba ganti rumus pada cell C2 menjadi seperti ini =SUM(A2:B2) kemudian tekan ENTER, maka hasilnya akan sama yaitu 150.
Kira-kira manakah yang lebih baik, pakai formula SUM atau operator plus (+) ? Sebenarnya dua-duanya sama-sama baik, bagi yang baru belajar menggunakan Excel penggunaan operator plus (+) tentu akan mudah di ingat tapi kelemahannya jika jumlah data yang harus dijumlahkan ada banyak misal menjumlahkan data dari A1 s.d A1000 maka rumus yang harus ditulis adalah seperti ini A1+A2+A3... sampai +A1000, tentu hal ini akan sangat banyak menyita waktu dan kurang efektif karena rumus akan menjadi sangat panjang. Berbeda dengan penggunaan formula SUM, untuk menjumlahkan data dari A1 s.d A1000 cukup dengan menuliskan rumus =SUM(A1:A1000), lebih simple rumusnya dan tentunya akan menghemat waktu.